Memasuki era teknologi yang berkembang secara cepat, mau tidak mau tentu harus mampu beradaptasi dengan kondisi tersebut agar tidak tergerus oleh zaman. Hal itu pula yang mendasari Yayasan Pasim Sukabumi untuk menggelar Seminar Pendidikan Robotic, Kamis (20/2/2020), di Ballroom Hotel Maxone Sukabumi.

 

Board of Management Yayasan Pasim Sukabumi Reka Ardian mengatakan, seminar robotik tersebut bertujuan untuk memperkenalkan robotik kepada guru-guru Sekolah Dasar (SD) di Kota Sukabumi.

“Pertama, kita ingin menyampaikan kepada guru bahwa dalam waktu yang dekat ini, robot merupakan sesuatu yang tidak bisa lagi dipisahkan dari kehidupan kita. Kedua, pendidikan robotik untuk siswa SD merupakan sebuah keharusan, karena di samping ini sebagai upaya untuk beradaptasi dengan pengembangan teknologi, ada pula nilai pendidikan yang luar biasa dengan belajar robotik. Mulai dari belajar pengembangan kreativitas, mengembangkan motorik, dan mengembangkan nilai pendidikan lainnya,” kata Reka kepada sukabumiupdate.com.

Reka mengatakan, tindaklanjut dari seminar robotik yang dikuti oleh 119 guru kelas VI SD di Kota Sukabumi tersebut, pihaknya akan menyelenggarakan perlombaan robotik tingkat SD se-Kota Sukabumi pada 29 Februari 2020 mendatang.

“Nanti ada perlombaan robotik tingkat SD se-Kota Sukabumi, setelah itu akan ada pembinaan bagi juara lomba tersebut yang nantinya pun akan diikutsertakan dalam lomba robotik internasional,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu peserta seminar robotik, Arista Maulana, guru di SDN Cipanengah CBM mengungkapkan, kegiatan tersebut sangat positif. Pasalnya, sekarang ini sudah memasuki dunia teknologi. Jadi, sambung Arista, hal yang baik bila dari sekarang mengenalkan dunia teknologi robotik tersebut kepada siswa.

“Dari pada memanfaatkan teknologi yang kurang positif, lebih baik kita arahkan ke dunia robotik yang lebih bermanfaat,” ucapnya.

Senada dengan Arista, Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami menuturkan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan seminar yang diselenggarakan Yayasan Pasim Sukabumi tersebut. Menurutnya, kreativas anak-anak dalam bidang teknologi robotik perlu didorong.

“Ini luar biasa, karena kreativitas anak-anak di era revolusi 4.0 ini perlu didorong, terutama anak SD seperti ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Pasim Sukabumi, karena telah memulai satu terobosan bagi anak SD agar lebih akrab dengan pemrograman robotik. Kita akan support karena ini satu terobosan luar biasa,” tandasnya.

Reporter: OKSA BC/
Repost: agus.dop